Laman

Senin, 21 November 2011

Bikin SOP!!!

SOP yang dimaksud di sini tentu bukan soup yang dimakan, melainkan Standard Operational Procedure. Sesuai namanya, SOP dibuat untuk mematok standar dari suatu prosedur operasional. (Jadi kayak nerjemahin doang ya). Setiap pengerjaan suatu proses tentu nggak dijalankan dengan asal asalan. Maka dibutuhkan SOP supaya proses yang dilakukan semua orang harapannya akan sama dengan proses yang dilakukan oleh orang yang paling paham. SOP itu :

  • Dibuat oleh orang yang paling mengerti di bidang itu.
  • Mampu menjelaskan kepada siapapun apa yang harus dilakukan supaya proses berjalan baik.
  • Mencakup semua komponen dari kegiatan tersebut.
Biasanya, SOP yang cukup simpel yang dibikin saat berorganisasi tuh SOP dari wawancara. Pasti bisa bikin kan ya. Misal dalam SOP wawancara, hal hal yang harus ada di SOP itu :
  • Waktu, tempat wawancara. Hal seperti ini tentu hal yang sepele. Tapi, kalo ngga dicantumin, bisa jadi ada pewawancara yang bakal wawancara sambil keluyuran, ngga termonitor apakah dia masih ada yang diwawancara or lagi nganggur, akhirnya proses wawancara berjalan berantakan.
  • Langkah wawancara. Langkah pertama dari wawancara tentunya kenalan. Langkah wawancara juga membahas poin - poin di bawah ini.
  • Pembahasan formulir peserta. Mungkin aja kalo misalkan ngga semua kemampuan/kompetensi yang dimiliki peserta wawancara ngga tertera di formulir, nah ini tentu tugas pewawancara untuk ngegali lagi semua potensi yang ada di peserta tersebut.
  • Pertanyaan wajib. Pertanyaan wajib merupakan pertanyaan yang wajib ditanyakan ke peserta, di luar pertanyaan ini, pewawancara bebas menanyakan apapun yang tidak mengandung unsur SARA tentnunya. Pertanyaan wajib ini biasanya digunakan buat ngecek apakah kriteria DASAR yang harus dipenuhi peserta tercukupi atau tidak. Biasanya hal yang ditanyain itu tentang loyalitas, disiplin, dan lain lain.
  • Kriteria Departemen/Divisi. Hal ini berperan dalam proses plotting nanti untuk konsentrasi kerja si peserta itu. Departemen tertentu hanya membutuhkan otang tertentu. Misal kriteria Departemen Hubungan Lembaga suatu organisasi diharuskan untuk bisa public speaking, atau mau belajar tentang public speaking.
Itu hal yang singkat dan simpel aja, semua orang jg kayaknya bisa bikin. Ngga nyampe sejam pula.

Di bawah ini ada link tentang cara lengkap buat SOP untuk hal APAPUN, bukan cuman wawancara doang, dan keliatan banget ini tuh bukan SOP buat mahasiswa, tapi untuk profesional. Dikemas dlm English, ngga takut lah ya. Dari US. EPA (Environmental Protection Agency) asli, gratis dan bisa di save.


www.epa.gov/quality/qs-docs/g6-final.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar