Laman

Rabu, 12 Desember 2012

SMS, pake " ... " itu sangat ...

Kalo bukan ke temen, ngga lagi2 deh ngirim sms pake " ... " . Kisah nyata unik :

Suatu hari, sy SMS ke seorang guru ngaji waktu saya masih kecil. Dari TK sampe SD, sy emang belajar ngajinya sama beliau. meskipun dari TK emang udah belajar baca qur'an di TPA, tapi emang penting banget untuk belajar tambahan di rumah. Gunanya? Pastinya untuk nempa kelancaran n kemahiran buat ngaji, dong. Selain itu ada juga sih jadwal setor hafalan. Sayang banget cuman sampe SMP terus udah deh ngga lanjut lagi. Kadang suka kesel sendiri kalo bacaan qur'an sy salah, terbata - bata n kurang lancar. Yang dipikiran tuh "Apaan sih rip, kayak gini aja salah ... " akhirnya mungkin bacaan jadi terburu - buru n lidah jadi kepeleset.

Setelah lama banget ngga kontak, sebagai seorang murid yang merasa punya banyak banget hutang budi sama beliau akhirnya pengen silaturahim, ke rumah beliau. Pengen ngecek, apakah beliau sehat, rumahnya masih sama, masih jadi guru ngaji plus guru SD. Akhirnya dateng lah ke rumah beliau. Rasanya ketemu sama guru itu emang beda rasanya. Apalagi kalo gurunya itu kenal atau pernah kenal sama kita. Ibarat ketemu seseorang yang ngangeniin banget dan akhirnya dipertemukan oleh Allah SWT.

Tapi, sebelum ketemu dan berkunjung ke rumah beliau, saya sempatkan dulu SMS dengan beliau. Waktu itu, karena emang masih kebiasaan menggunakan " ... " dalam SMS, akhirnya SMS sama guru ngaji juga pake " ... ". Kalo ngga salah SMSnya waktu itu (maaf SMS terhapus, jadi agak lupa persisnya gimana) :

Assalamu'alaikum Bu Nurha, ini Arief, bu. Anaknya bu Rus ... pengen silaturahim ke rumah ibu ... Bu Nurha kabarnya gimana?

Beliau bales :

Alhamdulillah baik rif. Itu titik-titik maksudnya apa rif? Ibu harus ngisi?

Sontak saat itu juga langsung cekikikan dan setelah kasih unjuk ke keluarga, SMS tersebut langsung memberikan kebahagiaan di keluarga saya XP. Akhirnya saya bales :

Maaf bu itu hanya tambahan aja, heheeee. Bukan maksudnya untuk diisi

Dan setelah pengalaman berharga di atas, ngga pernah lagi deh kalo SMS ke orang yang ngga sebaya pake "..." soalnya bisa rawan banget kejadian kayak di atas terulang :D

Mungkin beberapa alasan tambahan buat saya kenapa sampe sekarang ngga lagi pake "..." dan nyingkat kata2 ke orang - orang tertentu :
  • Dasarnya, SMS yang pake "..." itu cenderung boross digit SMS. "..." yang seharusnya bisa diganti pake titik satu aja, atau koma jadi bikin digit SMS banyak. Yah sebenernya sih ini curhatan orang yang suka jarkom. Otomatis ngurangin digit sebisa mungkin biar SMS yang kekirim ngga kebanyakan. (kendala pulsa, red)
  • Selain pake "..." sy jg g mau bgt nygkt2 (nah lho disingkat jg). Makna ganda, rawan banget karena singkatan yang seharusnya ngga disingkat. kata2 "nygkt2" jg rawan. Mungkin karena sy udah sebutin di atas, yah temen2 paham lah ya yang saya maksud "nygkt2" tuh "nyingkat-nyingkat" padahal bisa aja jadi "nyangkut-nyangkut". Kontradiktif sama poin 1, yang mengusahakan untuk ngurangin digit sebanyak mungkin nah yg poin ini menghindari singkatan buat ngurangin digit SMS.
 Tapi yang terpenting, bagaimanapun SMS itu nunjukin kok gimana normal, bermartabat, geje, atau noraknya seseorang. Jadi, kenapa harus membuat diri kita tampak geje, kalo kita bisa jaga nama baik kita dengan ngetik SMS yang jelas dan gak aneh-aneh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar