Laman

Senin, 07 Januari 2013

UAS? Siapa takut!!!


Kata "UAS" emang selalu jadi kata yang, bisa dibilang, menggemparkan. Tapi sebenernya kalo kita flashback, kita ingat lagi kita ini sekarang sudah sejauh apa dari hari dilahirkannya kita. Yah ambillah contoh diri saya sendiri aja, udah 20 tahun, kurang lebih masa pendidikan ditempuh itu sekitar 14 tahun. Selama 14 tahun, kalau kita ingat-ingat, kita udah melakukan yang namanya Ujian Akademis itu BERKALI-KALI.

Kalo biasanya seseorang itu gugup pada awal mencoba suatu hal yang baru, rasanya deg-degan, panik, ngga nyante dan segala macemnya, seharusnya kita yang udah sering, gak cuman sekali, nyicipin yang namanya UAS, tentu ngga gugup lagi dong. Malah, UAS itu ya rutinitas. setiap semester ada. Dari kecil juga udah ketanem lah pemikiran "oh di akhir semester nanti ada UAS".

Tapi emang ngga bisa dipungkiri kalo sebagian orang menjelang Ujian itu mereka gugup, nervous, panik, ngga tenang. Beberapa penyebabnya :
  • Kurang do'a 
           Do'a, bagaimanapun penting. Yang disebut di atas pun bukannya "kurang berdo'a" aja tapi "kurang do'a". Do'a ngga cuman bisa dari diri sendiri aja ngedo'ain kelancaran kita buat menghadapi Ujian kita sendiri. Nah temen2 yang masih punya Ibu, Ayah, saudara, temen, mereka itu juga bisa dimintain do'anya. Mumpung masih hidup :) Akan jadi kesalahan besar ketika temen2 minta do'a ke orang yang sudah wafat. Satu lagi, kalo temen2 minta do'a dari orang lain, ya jangan lupa juga do'ain temen2 kita yang lagi Ujian, atau akan ujian. Saling mendo'akan untuk kebaikan itu kan top banget. Apalagi, jangan sampe kita lupa untuk ngedo'ain orang tua kita. Sebaik apapun perbuatan yang kita lakukan ke mereka ngga akan cukup membalas semua budi mereka. Jangan menambah hutang dengan lupa untuk mendo'akan mereka.
  • Kurang persiapan
           Dalam menghadapi segala sesuatu tentu perlu persiapan. Ibarat UAS, persiapannya ya berarti kuliah. Doang? Ngga, lah. Selain kuliah dan do'a, kalau kegiatan akademis sebagai acuan Ujian, maka persiapan yang harus dilakukan di setiap mata kuliah sudah dijelaskan di buku akademik* (yang tebelnya ampun) bahwa porsi belajar mahasiswa sesuai dengan beban SKS. 1 SKS = 1sesi kuliah + 1 sesi tugas + 1 sesi belajar mandiri. Dan, waw kalo 1 SKS = 50 menit berarti yang ngambil 24 SKS tentu seharusnya 3600 menit dari seminggu digunakan buat belajar!! (20 jam kuliah + 20 jam ngerjain tugas + 20 jam belajar mandiri) Yah mungkin kalo utk mahasiswa jaman sekarang, hal ini udah bisa dibilang bagus banget. Apa kalo kayak gini caranya bakal kurang persiapan?
  • Kebanyakan main-main
           Games emang asik banget buat dimaenin. Saya sendiri juga pernah ngalamin ketagihan sama yang namanya game. Laper pun bablas. Tapi ngga ada juga kok yang ngelarang main game, asalkan SESUAI PORSI!! Ada waktu untuk semua hal, untuk refreshing, main, belajar, tidur, ngobrol, n ngecengin temen. Tapi harus sesuai dengan porsinya. Tentu waktu persiapan yang disebutkan di atas (60 jam selama seminggu) masih menyisakan waktu kosong. Waktu tidur sehari + makan minum + ibadah kurang lebih 10 jam x 7 hari = 70 jam dalam seminggu. Seminggu ada 168 jam, so waktu luang = 168 - (60 + 70) = 38 jam buat main. Pffft, tapi siapa juga yang mau hidup saklek kayak gini, ya intinya jangan kebanyakan main lah.

Poinnya, persiapan ujian, misal UAS, ngga bisa cuman dateng kuliah aja, apalagi bolos2 dan belajarnya cuman semalem aja. Udah gitu mau dapet nilai A, kalo dosennya ngga terlalu "baik", atau kecele, ngga tau deh gimana dapet tuh nilai A kalo kaga belajar mah. Kalo temen2 ngarep dapet nilai A di suatu mata kuliah tapi tanpa belajar, diskusi, ngerjain tugas, masuk kuliah, apalagi tanpa ngerti pelajarannya, otomatis temen2 bakalan kecewa. Dan temen2 sebenernya udah tau itu. Nilai itu yang temen-temen dapet, itulah gambaran temen2 mengenai pemahaman suatu Ujian.

Setiap Ujian, butuh persiapan. Ujian Akhir Semester, ya materi yang dipelajari di kuliah dan dari buku referensi. Ujian kehidupan? ya Pengalaman, dan banyak lagi. Tapi persiapan yang terpenting ialah do'a. Mungkin, kalo temen2 belum merasakan dahsyatnya kekuatan do'a, berarti do'a temen2 kurang mantab, kurang bagus.

Coba kita ganti, yang biasanya :

"Ya Allah, berikan kemudahan kepada hamba dan teman-teman hamba dalam mengerjakan soal Ujian Akhir Semester besok."

jadi :

"Ya Allah, berikan hamba dan teman-teman hamba kekuatan untuk senantiasa menimba ilmu, tanamkanlah kepada kami rasa tertarik dan haus akan ilmu, jadikanlah diri kami orang-orang yang bersyukur atas ilmu yang Engkau limpahkan kepada kami, serta jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat."

Kan manteb, kita evaluasi lagi tujuan kita kuliah, belajar, nuntut ilmu itu untuk dapet ilmunya apa nilainya? Kalo untuk ilmu, tapi temen-temen masih pake do'a yang hanya untuk nilai ya wajar kalo kurang ampuh :)

Kenapa yang dibahas orang-orang panik, gugup, nervous, dsb? Karena salah satu kunci sukses untuk menghadapi ujian, apapun itu, TENANG. Tenang, beda sama santai. Dalam kata santai terdapat unsur yang agaknya meremehkan permasalahan. Tenang aja, sebenernya hal-hal seperti PANIK, GUGUP, dan lain-lain itu TIDAK DIPERLUKAN. Ngga perlu buang tenanga temen-temen untuk hal semacam panik.

Jadi, mulai sekarang, yang masih merasa kurang berdo'a, kurang dido'akan, kurang persiapan, atau masih kebanyakan main, masih belum terlambat untuk minta do'a ke orang tua, sodara n temen2. masih blm telat juga utk belajar n ngurangin mainnya :) Dan jangan lupa siapkan kondisi maksimal, sehat dan bugar untuk ujian.

Semoga Allah senantiasa memberikan jalan yang terbaik kepada kita semua. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar